Minggu, 11 Oktober 2015

Persiapan Micro-Teaching (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            : SMP Negeri 16 Kota Cirebon                                           
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : VIII
Materi Pokok             :Teks tulis teks recount
Alokasi Waktu           :1 pertemuan (2 JP)   
           
A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1    Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.


2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.

2.2.1    Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
2.2.2    Mengakui ketika             membuat kesalahan
2.2.3    Tidak menyalahkan     orang   lain atas tindakannya sendiri
2.2.4    Melakukan hal-hal yang             dikatakan akan             dikerjakan tanpa             diingatkan orang lain
3.
3.9
Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman, kejadian dan peristiwa sederhana, sesuai dengan konteks penggunaan.

3.9.1    Menentukan tujuan komunikatif teks

3.9.2    Mengidentifikasi struktur teks

3.9.3    Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks

4.
4.14


Menyusun teks recount lisan dan tulis tentang kegiatan, kejadian dan peristiwa, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur  kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.14.1 Menyusun teks recount tentang pengalaman dengan struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar.
4.14.2 Menyampaikan teks recount secara lisan tentang pengalaman dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar.

C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah diberikan recount text siswa mampu:
1.      Menentukan tujuan komunikatif teks berdasarkan teks yang diberikan dengan tepat.
2.      Mengidentifikasi struktur teks berdasarkan teks yang diberikan dengan tepat.
3.      Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks berdasarkan teks yang diberikan dengan tepat.
4.      Menyusun teks recount tentang pengalaman dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar.
5.      Menyampaikan teks recount secara lisan tentang pengalaman dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dengan lancar.
D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama
Fungsi Sosial              : menceritakan kembali kejadian atau pengalaman di masa lalu
Struktur Teks            :          
1.      Orientation: Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
2.      Event: Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
3.      Re-orientation: Jika perlu, ada kesimpulan umum.

Unsur Kebahasaan: 
1.       Penyebutan kata benda dan kata ganti orang ketiga (pronoun): He, She, Rio
2.       Menggunakan Simple Past Tense: we went to school yesterday.
3.       Menggunakan chronological connection: then, first, second.
4.       Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
5.       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan 
Simple past tense
Form:
(+) s + v2 + o
(-) s + did + not + v1 + o
(?) did + s + v1 + o ?

Example:
(+) I studied english last night
(-) I did not study english last night
(?) did I study english last night?

Regular and Irregular Verbs
Verbs are subdivided into two groups, regular verbs and irregular verbs, on the basis of how their past tense and past participles are formed. See below for how to distinguish between them
Regular Verbs:
Most verbs are regular verbs. Regular verbs are those whose past tense and past participles are formed by adding a -d or an -ed to the end of the verb. Sometimes the last consonant must be doubled before adding the -ed ending. For example: plan, planned, planned.
Irregular Verbs
There is no formula to predict how an irregular verb will form its past-tense and past-participle forms. There are over 250 irregular verbs in English. Although they do not follow a formula, there are some fairly common irregular forms. Some of these forms are:
break, broke, broken
cut, cut, cut
run, ran, run
meet, met, met
come, came, come
repay, repaid, repaid
swim, swam, swum
be was/were been
Distinguishing Regular and Irregular Verbs
Dictionaries are perhaps the most valuable tool one can use in distinguishing between regular and irregular verbs. If only one form of the verb is listed, the verb is regular. If the verb is irregular, the dictionary will list the principal parts of the other forms.

E.       Metode Pembelajaran
1.         Metode Ilmiah (scientific approach)

F.       Media dan Sumber Pembelajaran

1.         Media
Kertas, Projector, Laptop

2.         Sumber Pembelajaran
a).    Modul Pembelajaran Bahasa Inggris kelas VIII
b).    Sumber dari internet:
·         www.google.com

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

Pertemuan pertama

Pendahuluan 10’
Salam tegur sapa
Guru
Siswa
1.      Guru memberi salam (greeting).
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru memberi apersepsi dan motivasi.
4.      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.
1.      Siswa menjawab salam.
2.      Siswa mendengarkan saat guru memeriksa daftar kehadiran.
3.      Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan untuk motivasi.
4.      Siswa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan materi sebelumnya.
5.      Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang tujuan pembelajaran
6.      Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti 60’
Observing
Guru
Siswa
1.   Guru memberikan/menyediakan gambar tentang recount text (Activity 1).
2.   Guru menjelaskan tentang fungsi social, struktur teks, maupun format penulisan recount text (Activity 2).
1. Siswa mengidentifikasi gambar tentang recount text (Activity 1).
2. Siswa memperhatikan tentang fungsi social, struktur teks, maupun format penulisan recount text. (Activity 2).
Questioning
Guru
Siswa
1.      Guru menyediakan berbagai contoh recount text yang berbeda untuk ditebak siswa dengan menyampaikan pertanyaan (Activity 3).
2.      Guru mengundang siswa untuk bertanya tentang perbedaan gambar recount text yang disediakan.
1.   Siswa mengamati berbagai contoh recount text yang diberikan dan berfikir kritis (Activity 3).
2.   Siswa mempertanyakan perbedaan gambar tentang recount text yang disediakan.
Exploring
Guru
Siswa
1.   Guru memberikan recount text yang berbeda (Activity 4).
2.   Guru menyuruh siswa menemukan kalimat yang menggunakan simple past tense yang ada pada bacaan.
3.   Guru menjelaskan rumus simple past tense.
1.   Siswa menerima text recount yang yang diberikan oleh guru (Activity 4).
2.   Siswa mencoba menemukan kalimat menggunakan simple past tense yang terdapat pada bacaan.
3.   Siswa menyimak penjelasan guru tentang simple past tense.
Associating
Guru
Siswa
1.    Guru membagi siswa dan menyuruh untuk duduk berpasangan (Activity 5).
2.    Guru menyuruh siswa untuk membuat kalimat menggunakan simple past tense.
1.      Siswa duduk berpasangan. (Activity 5).
2.      Siswa membuat kalimat dengan menggunakan simple past tense secara berpasangan.
Communicating
Guru
Siswa
1.   Guru mempersiapkan topik untuk dipilih oleh siswa (Activity 6).
2.   Guru menyuruh siswa untuk menyusun recount text berdasarkan tema yang dipilih.
3.   Guru mengoreksi recount text yang dihasilkan siswa.
1.   Siswa memilih tema yang diberikan oleh guru (Activity 6).
2.   Siswa menyusun recount text dengan tema yang telah dipilih.
3.   Siswa mengumpulkannya hasil recount text kepada guru.
Penutup 10’

Refleksi
Guru
Siswa
1.      Guru melakukan refleksi dan menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
2.      Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
3.      Guru mengucapkan salam perpisahan.
1.      Siswa mengikuti/ melakukan refleksi dan mendengarkan guru menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
2.      Siswa memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
3.      Siswa menjawab salam perpisahan.

H.    Penilaian

1)      Penilaian sikap spiritual dan sosial
a.      Instrumen penilaian sikap spiritual (lembar pengamatan terlampir 1)
b.      Instrumen penilaian sikap sosial (lembar pengamatan terlampir)
2)      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis (lembar pengamatan terlampir 2)
Pedoman penskoran (Activity 5&6)
CONTENT
DICTION
GRAMMAR
COHERENCE
TOTAL
25
25
25
25
Nilai Akhir (NA)

            NA = Skor perolehan
Rubik penilaian
Predikat
Nilai Akhir
Prestasi
A
100
SB (Sangat Baik)
A-
90
B+
80
B (Baik)
B
70
B-
60
C+
50
CB (Cukup Baik)
C
40
C-
30
D+
20
KB (Kurang Baik)
D-
10


Lampiran 1:
Lembar Pengamatan Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Nomor daftar hadir siswa kelas VIII
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
32
1
Siswa Menunjukan semangat dalam mengikuti pembelajaran














2
Siswa menunjukan keseriusan dalam mengikuti pembelajaran














Kriteria penilaian semangat :
3= telah menunjukan semangat (tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar) dalam mengikuti pembelajaran.
2= mulai menampakan semangat (tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar) dalam mengikuti pembelajaran, namun belum sepenuhnya.
1= belum menampakan semangat (tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar) sama sekali dalam mengikuti pembelajaran
Kriteria penilaian serius :
3= telah menunjukan serius (berkomitmen tinggi, sedia bekerja keras, bersungguh-sungguh) dalam mengikuti pembelajaran.
2= mulai menampakan serius tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar) dalam mengikuti pembelajaran, namun belum sepenuhnya.
1= belum menampakan serius tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan, menghargai waktu, belajar dengan sepenuh hati/ikhlas, rajin belajar sama sekali dalam mengikuti pembelajaran
Lembar Pengamatan Penilaian Sikap Sosial
No
Indikator
Nomor daftar hadir siswa kelas VIII
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
32
1
Siswa Menunjukan perilaku santun dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman














2
Siswa Menunjukan perilaku santun dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman















Kriteria penilaian perilaku santun :
3= telah menunjukan perilaku santun (mengatakan “tolong” dan “terima kasih” , menghargai dan menghormati orang lain tanpa membeda-bedakan golongan, memandang orang yang diajak bicara, menggunakan bahasa yang tidak menyinggung perasaan orang lain) dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2= mulai menampakan perilaku santun (mengatakan “tolong” dan “terima kasih” , menghargai dan menghormati orang lain tanpa membeda-bedakan golongan, memandang orang yang diajak bicara, menggunakan bahasa yang tidak menyinggung perasaan orang lain) dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman, namun belum memakai kaidah-kaidah kesantunan (misalnya, please, thank you, can I… ?.)
1= belum menampakan perilaku santun (mengatakan “tolong” dan “terima kasih” , menghargai dan menghormati orang lain tanpa membeda-bedakan golongan, memandang orang yang diajak bicara, menggunakan bahasa yang tidak menyinggung perasaan orang lain) sama sekali dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

Kriteria penilaian perilaku peduli :
3= telah menunjukan perilaku peduli (menawarkan bantuan pada teman dan tidak egois) dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2= mulai menampakan perilaku peduli (menawarkan bantuan pada teman dan tidak egois) dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
1= belum menampakan perilaku peduli (menawarkan bantuan pada teman dan tidak egois) dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

Lampiran 2

ACTIVITY 5!
Make a pairs then make a paragraph using simple past tense correctly!
ACTIVITY 6!
Choose one of two themes bellow, and make a recount text based on the theme you have chosen!
1.      Good experience
2.    Bad Experience

Tidak ada komentar:

Posting Komentar